F. SKENARIO PEMBELAJARAN PERTEMUAN KE-1
No | Kegiatan | Waktu (menit) |
1 | Pendahuluan : a. Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan. b. Guru menumbuhkan rasa ingin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang materi dan perubahannya . c. Guru memberikan apresepsi dengan menyajikan peta konsep dan mengingatkan tentang pengertian materi yang telah diterima sewaktu di SMP dengan rasa tanggung d. Guru memberi motivasi siswa secara komunikatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan apakah materi memiliki sifat yang sama?. e. | 5 |
2 | Kegiatan inti a. Eksplorasi 1. Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil . Setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa. 2. Siswa berdiskusi tentang sifat – sifat materi melalui permasalahan dengan memberikan pertanyaan : a. Masalah 1 : Apa sifat – sifat air? Bagaminajika dipanaskan , apa yang terjadi? b. Masalah II : Apa sifat dari buah apel? Bagaimana bentuk, warna dan ukurannya? Bagaimana warna dari buah apel jika dibelah? c.Masalah III: Apa sifat dari bensin? Bagaimana bau, warna dan suhunya? Bagaimana jika bensin dibakar Apa yang terjadi? 3. Masing – masing kelompok mendiskusikan dengan rasa ingin tahu tentang masalah yang diberikan 4. Masing masing kelompok diminta menyampaikan pendapatnya tentang ketiga masalah yang diajukan secara mandiri dan bertanggungjawab. b. Elaborasi 1. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi secara mandiri dan bertanggungjawab. 2. Siswa bekerja keras dalam menggali tentang sifat – sifat materi melalui diskusi c. Konfirmasi 1. Guru memberikan tanggapan dan simpulan berdasarkan hasil diskusi kerja kelompok secara komunikatif. 2. Guru memberikan penguatan tentang sifat – sifat materi dari hasil diskusi yang dilakukan secara bertanggungjawab. 3. Guru secara kreatif memberikan catatan-catatan penting mengenai materi pokok yang harus dikuasai siswa. | 80 |
3 | Penutup 1. Guru membimbing siswa secara mandiri untuk membuat rangkuman dari materi yang telah dibahas 2. Guru melakukan penilaian akhir terhadap materi yang telah diberikan secara bertanggungjawab. 3. Guru memberikan umpan balik terhadap materi yang telah diajarkan secara demokratis. 4. Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut secara mandiri dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik 5. Guru menumbuhkan rasa ingin tahu siswa agar gemar membaca dengan membuat resume secara individu, dan dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya 6. Guru mengakhiri pertemuan dengan memberikan salam penutup | 5 |
PERTEMUAN KE-2
No | Kegiatan | Waktu (menit) |
Kegiatan Awal a. Salam pembuka dan presensi siswa b. mengemukakan tujuan belajar c. Apersepsi: menyajikan peta konsep mengingatkan tentang pengertian materi dan sifatnya Motivasi: dengan tanya jawab mengenai perubahan materi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, misalnya: Kita sering menggunakan logam besi untuk digunakan menjadi alat-alat seperti pagar besi, dan rangkaian sepeda? Pagar besi yang tanpa dicat, jika terkena air hujan maka akan karatan, begitu juga dengan sepeda. Jika terus‑ menerus terkena air maka cepar berkarat. Mengapa demikian, dan bagaimana proses terjadinya besi menjadi berkarat ? Apakah bentuk dan wamanya berubah? Jika listrik tidak menyala di malam hari, kita sering menggunakan lilin sebagai alai penerang. Lilin ketika dinyalakan maka apa yang terjadi? Bagaiamana wamanya danbentuknya? Apakah setelah lilin dibakar, bisa dijadikan lilin kembali? Memberikan informasi tentang tujuan pembelajaran, penjelasan singkat tentang materi, memberikan tugas siswa membaca teori yang berhubungan dengan perubahan materi. | 10 | |
2. | Kegiatan Inti 1. Pengorganisasian : Klasikal ( siswa dibagi 9 kelompok) 2. Prosedur Pembelajaran: a. Eksplorasi : Menggali pemahaman siswa tentang perubahan‑perubahan materi pada peristiwa • Lilin dibakar • Kertas dipotong • Kertas dibakar • Potongan logam magnesium ditambah asam klorida • Kalium kromat dengan asam sulfat • Natrium sulfat dengan air • Timbal (11) nitrat dengan kaliuum iodida Siswa yang terbagi dalam kelompok mengerjakan langkah-langkah kerja pada LKS yaitu mengamati perubahan yang terjadi dan mengelompokkan jenis-jenis perubahan materi serta menginterpretasikan data menjadi suatu kesimpulan tentang pengertian perubahan fisika dan perubahan kimia. b. Elaborasi : Menjawab pertanyaan yang ada di lembar kerja siswa sesuai dengan data pengamatan pada eksperimen. c. Konfirmasi : 1) Menyamakan persepsi dan penguatan konsep tentang perubahan fisika dan perubahan kimia berdasarkan ciri cirinya dengan cara tanya jawab . 2) Menyimpulkan berdasarkan hasil percobaan tentang perubahan fisika dan perubahan kimia beserta ciri‑ cirinya. | 70 |
3 | Kegiatan Akhir. a. Memberikan tugas latihan soal dan tugas baca untuk pertemuan berikutnya. b. Salam penutup. | 10 |
PERTEMUAN KE – 3
No | Kegiatan | Waktu (menit) |
1 | Kegiatan Awal a. Salam pembuka dan presensi siswa. b. Mengemukakan tujuan pembelajaran Apersepsi: mengingatkan kembali tentang sifat materi Motivasi: · Tanya jawab mengenai contoh-contoh unsur, senyawa dan campuran dalam kehidupan sehari-hari, misalnya sebutkan contoh unsur yang ada di alam? Sebutkan contoh senyawa yang ada disekitar kita, dan apakah larutan gula digolongkan pada campuran? · Bertanya kepada siswa apakah air dan gula dapat melarut? Apakah air dan. minyak dapat melarut sempurna? Bagaimana cara memisahkan air dengan minyak? Bagaimana cara memisahkan air dan gula? | 10 |
2. | Kegiatan Inti 1. Pengorganisasian : Klasikal (Membagi siswa dalam 9 kelompok). 2. Prosedur Pembelajaran: a. Eksplorasi : - Menggali pemahaman siswa tentang unsur, senyawa dan campuran serta cara memisahkannya. - Menyuruh siswa mengerjakan langkah-langkah kerja pada LKS, yaitu mencampurkan: • Serbuk besi dan belerang • Garam dan air • Air dan minyak - Mengamati perubahan yang terjadi dan mengelompokkan kedalan campuran homogen dan heterogen serta menginterpretasikan data menjadi suatu kesimpulan tentang pengertian campuran. b. Elaborasi : Menjawab pertanyaan yang ada di lembar kerja siswa sesuai dengan data pengamatan pada eksperimen. c. Konfirmasi : Menyamakan persepsi tentang unsur, senyawa dan campuran. • Natrium sulfat dengan air • Timbal (11) nitrat dengan kaliuum iodide Siswa yang terbagi dalam kelompok mengerjakan langkah-langkah kerja pada LK yaitu mengamati perubahan yang terjadi dan mengelompokkan jenis-jenis perubahan materi Berta menginterpretasikan data menjadi suatu kesimpulan tentang pengertian perubahan fisika dan perubahan kimia. b. Elaborasi : Menjawab pertanyaan yang ada di lembar kerja siswa sesuai dengan data pengamatan pada eksperimen. c. Konfirmasi : 1) Menyamakan persepsi dan penguatan konsep tentang perubahan fisika dan perubahan kimia berdasarkan ciri-cirinya dengan cara tanya jawab . 2) Menyimpulkan berdasarkan hasil percobaan tentang perubahan fisika dan perubahan kimia beserta ciri‑ cirinya. | 70 |
3 | Kegiatan Akhir a. Menyimpulkan tentang perbedaan campuran dan senyawa serta bagaimana cara memisahkannya. b. Tes penguasaan materi. c. Salam penutup | 10 |
H. MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media : Papan tulis/ white board, Kapur/spidol, Cawan porselen, gelas piala, kaki
tiga, Bunsen, kertas, buah apel, methanol (bensin), pisau, korek api.
Sumber Belajar :
1. Anshory, Irian dan Hiskia Achmad. 1999. Kimia 1 SMU. Jakarta : Erlangga
2. Purba, Michael. 2007. Kimia untuk SMA kelas X. Jakarta : Erlangga
3. Wismono, Jaka dkk. 2004. Kimia dan Kecakapan Hidup untuk kelas 1 SMU IA. Jakarta : Ganeca Exact
4. Kimia 2000 untuk SMU Kelas 1 jilid IA, Michael Purba, 2003, Erlangga.
5. Kimia untuk SMA Kelas X Jilid I A, Michael Purba, 2004, Erlangga
6. Materi Program Diklat KIMIA 1, Kurikulum SMK Tingkat Satuan Pendidikan, Tim MGMP Kimia Kota Semarang.