Senin, 12 September 2011

Contoh RPP Kimia Kelas X yang berkarakter (bagian 1)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan      :SMK NEGERI 8 SEMARANG
Mata Pelajaran            : KIMIA
Kelas/ Semester           : X/ 1
Pokok Materi        : Materi dan Perubahannya
Sub Pokok Materi       : Sifat Materi, Perubahan Materi dan Klasifikasi Materi
Alokasi Waktu            : 6 x 45 menit
Pertemuan ke              : 1, 2 dan 3
Tahun Pelajaran           : 2011//2012

A. STANDAR KOMPETENSI
Memahami konsep materi dan Perubahannya
B. KOMPETENSI DASAR
11. Mengelompokkan Sifat Materi 
1.2 Mengelompokkan  Perubahan Materi
1.3 Mengklasifikasi Materi
C. INDIKATOR
PERTEMUAN KE-1
a.         Materi sebagai sesuatu yang memiliki massa memiliki ruang, dan dapat diraba didefinisikan dengan jelas.
b.         Pengelompokan materi berdasarkan sifatnya dilakukan dengan benar.
PERTEMUAN KE-2 :
a.         Pengertian perubahan materi dan pengelompokannya dideskripsikan dengan jelas.
b.         Perubahan fisika yang ditunjukkan oleh perubahan wujud tanpa terjadi perubahan komposisi atau identitas zat dan dapat diukur diamati dengan benar
c.         Perubahan kimia yang ditunjukkan oleh perubahan komposisi (perubahan warna, terbentuk endapan, suhu, atau gas) diamati dengan benar.
PERTEMUAN KE-3:
a.         Pengertian senyawa dan campuran dideskripsikan dengan benar.
b.         Pengertian campuran sebagai gabungan beberapa unsur atau senyawa dideskripsikan dengan benar
c.         Pengelompokan campuran menjadi campuran homogen dan heterogen dilakukan dengan benar.
d.        Cara-cara pemisahan campuran dideskripsikan dengan jelas.
e.         Teknik pemisahan campuran dipraktikan di laboratorium dengan benar.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN :
PERTEMUAN KE-1:
Diharapkan peserta didik dapat:
1.              Mendefinisikan dengan jelas pengertian materi
2.              Mengelompokkan materi dengan benar berdasarkan sifatnya
PERTEMUAN KE-2:
Diharapkan peserta didik dapat
1               Menjelaskan pengertian perubahan materi Membedakan perubahan fisika dan perubahan kimia beserta ciri-cirinya dengan benar berdasarkan data pengamatan.
2               Mengelompokkan peristiwa-peristiwa perubahan kimia dan fisika berdasarkan ciri­cirinya.
PERTEMUAN KE-3 :
Diharapkan peserta didik dapat
1        Mengelompokkan materi menjadi unsur, senyawa, dan campuran.
2        Menjelaskan pengertian unsur, senyawa, dan campuran
3        Menjelaskan pengelompokan campuran dan cars pernisahannya dengan benar.
4        Dapat melakukan pemisahan campuran berdasarkan zat yang bercampur.

E. MATERI PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE-1
Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa.dapat dibedakan berdasarkan wujudnya yaitu:
a.             Padat, mempunyai bentuk yang tetap dan volume yang tetap. Contoh: besi, kayu, plastik dan sebagainya.
b.             Cair, mempunyai bentuk yang mudah berubah sesuai tempatnya, sedangkan volumenya tetap. Contoh: air, minyak, sirup dan sebagainya.
c.              Gas, mempunyai bentuk dan bolume yang mudah berubah sesuai tempatnya. Contoh: udara, oksigen, nitrogen dan sebagainya.
Materi-materi memiliki sifat yang berbeda-beda. Sifat-sifat materi dapat dikelompokkan menjadi :
a. Sifat Fisika : sifat materi yang dapat diamati tanpa materi itu mengalami perubahan yang kekal, seperti warna, bau, rasa, kekerasan, titik didih, dan titik leleh. Emas berwarna kuning, mengkilap, garam terasa asin, besi keras, air mendidih pads suhu 273 K.
Sifat fisika dibedakan menjadi 2 yaitu
(1)     Sifat Ekstensif : sifat materi yang bergantung pads jumlah dan ukuran zat misalnya volume, massa, dan berat. Semakin banyak suatu materi maka volumenya semakin besar. Semakin besar ukuran suatu materi, massanya semakin besar pula.
(2)   Sifat Intensif : sifat materi yang tidak bergantung pads jumlah clan ukuran zat. Misalkan warna, bau, membeku, mencair, melarut, menguap, menyublim. Banyak ataupun sedikit, anggur tetap berwarna ungu. Segelas air atau seember air tetap membeku pads suhu 0°C
b. Sifat Kimia : sifat materi yang dapat diamati di saat materi tersebut mengalami perubahan yang kekal, seperti perubahan warna, kereaktifan, kestabilan, clan lain-lain. Warns dawn berubah dari hijau menjadi kuning. Bensin bereaksi hebat dengan oksigen pads suhu tinggi menghasilkan asap dan energi. Logam besi tidak stabil jika berdekatan dengan air dan udara dengan membentuk karat besi.

PERTEMUAN KE-2
1.    Pengertian perubahan fisika
Perubahan fisika adalah perubahan yang tidak menghasilkan zat bare Contoh : Es mencair, air membeku, Jilin meleleh
2.    Pengertian perubahan kimia
Perubahan kimia adalah perubahan materi yang menghasilkan zat baru.
3.    Ciri-ciri perubahan kimia
Cirinya : terbentuk endapan, terjadi perubahan suhu, perubahan warna dan terbentuk gas.
PERTEMUAN KE-3
Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat-zat yang lebih sederhana dengan cara kimia.
Senyawa adalah zat tunggal yang dapat diuraikan menjadi zat-zat lain yang lebih sederhana secara kimia. Atau senyawa adalah zat tunggal yang merupakan gabungan beberapa jenis unsur/ atom secara kimia.
Campuran adalah gabungan dari dua zat atau lebih tanpa melalui reaksi kimia.pemisahan campuran dapat dilakukan dengan cara : destilasi, kristalisasi, kromatografi, sublimasi, dan filtrasi.
F.     METODE PEMBELAJARAN
Model                            Inkuiri discovery
Strategi                          Cooperatif Learning (STAD)
Pendekatan                    ketrampilan Proses
Metode                          Demonstrasi dan eksperimen

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.